antropometri...????

Antropometri dalam antropologi fizik merujuk pada pengukuran individu manusia untuk mengetahui variasi fizik manusia.

Kini, antropometri berperanan penting dalam bidang perancangan industri, perancangan pakaian, ergonomik, dan arkitek. Dalam bidang-bidang tersebut, data statistik tentang distribusi dimensi tubuh dari suatu populasi diperlukan untuk menghasilkan produk yang optimal. Perubahan dalam gaya kehidupan sehari-hari, nutrisi, dan komposisi etnik dari masyarakat dapat membuat perubahan dalam distribusi ukuran tubuh (misalnya dalam bentuk epidemik kegemukan), dan membuat perlunya penyesuaian berkala dari koleksi data antropometrik.

PSG dengan metode antropometri adalah menjadikan ukuran tubuh manusia sebagai alat menentukan status jisim manusia. Konsep dasar yang harus dipahami dalam menggunakan antropometri secara antropometri adalah Konsep Dasar Pertumbuhan

Pertumbuhan terjadinya perubahan sel tubuh dalam 2 bentuk iaitu pertambahan sel dan pembelahan sel, yang secara akumulasi terjadi perubahan ukuran tubuh. Jadi pada dasarnya menilai status jisim dengan metode antropometri adalah menilai pertumbuhan. Hanya saja pertumbuhan dalam pengertian pertambahan sel memiliki batas waktu tertentu. Para pakar antropometri sepakat bawah pada umumnya pertumbuhan manusia dalam pertambahan sel akan berhenti pada usia 18-20 tahun, walaupun masih ditemukan sebelum 18 pertumbuhan sudah berhenti, dan sebaliknya setelah 20 tahun masih ada kemungkinan pertumbuhan masih berjalan.

Makhluk hidup, termasuk manusia makan untuk memenuhi jisim tubuh. Jisim tubuh akan makanan dapat dibagikan dari tiga fungsi makanan itu sendiri iaitu :
  • Sumber Tenaga
  • Pertumbuhan
  • Pemeliharaan
Sebagai sumber tenaga adalah karbohidrat, lemak dan protein, dalam urutan yang berbeza sebagai sumber tenaga. Pembakaran 1 gram karbohidrat menghasikan 4,1 kalori, protein 41 kalori dan lemak 9 kalori per gramnya. Namun lemak bukanlah sumber tenaga utama oleh kerana untuk metabolisme lemak dibutuhkan kalori yang lebih tinggi untuk Specifik Dinamyc Action (SDA)nya.
Sebagai sumber zat pembangun adalah Protein, Lemak dan Karbohidrat. Sedangkan sebagai sumber zat pengatur adalah vitamin dan mineral.

Antropometri dapat dibagi menjadi 2 iaitu,
  1. Antropometri Statik
Pengukuran manusia pada posisi diam, dan selari pada permukaan tubuh.
  1. Antropometri Dinamik
Yang dimaksud dengan antropometri dinamik adalah pengukuran keadaan dan ciri-ciri fizik manusia dalam keadaan bergerak atau memperhatikan gerakan-gerakan yang mungkin terjadi saat pekerja tersebut melaksanakan kegiatannya.

No comments:

Post a Comment